Senin, 09 Februari 2009

Cemburu???? Ada ga cara meredamnya????

Hampir semua orang pasti pernah cemburu pada pasangannya, termasuk Anda, meski kadar dan penyebabnya berbeda. Pendapat mengatakan, cemburu merupakan reaksi kompleks untuk melihat seberapa jauh kualitas hubungan. Artinya, emosi, pikiran, dan perilaku seseorang bergabung menjadi satu. Ketika Anda cemburu, berbagai perasaan pun muncul. Sedih, marah, takut, malu, merasa bersalah, khawatir, tidak percaya diri, bahkan sakit kepala atau reaksi fisik lainnya.


Sebenarnya, cemburu bisa berdampak positif. Cemburu justru dapat meningkatkan hubungan antara Anda dan dia, seiring dengan perasaan saling menghargai. Cemburu juga akan meningkatkan emosi Anda yang mampu membuat cinta semakin kuat, bahkan mampu meningkatkan gairah seksual. Tapi, jika tidak dikelola dengan baik, dan malah sering muncul dan tidak masuk akal, cemburu tentu tidak baik dan bisa berdampak buruk pada kelanjutan hubungan Anda berdua. Hubungan akan memburuk, bahkan perpisahan pun bisa terjadi.

Memang, tidak ada solusi yang mudah dan sederhana untuk menghadapi rasa cemburu. Namun, dengan usaha dan kerja keras untuk menemukan penyebab yang sebenarnya, maka perasaan itu pasti bisa teratasi. Sikap bijaksana dari masing-masing sangat diperlukan, dan jangan mengharapkan perubahan yang cepat. Cobalah untuk memahami perasaan dan kebutuhan masing-masing. Situasi yang fair harus tercipta agar dapat membuat keputusan dan "peraturan" yang tepat, sehingga masing-masing merasa puas.

Pasangan yang pencemburu, memang terkadang menjengkelkan. Berikut beberapa kiat jitu untuk meredam rasa cemburu pasangan Anda :

1. Coba pikirkan masalah dengan cara berbeda. Ingat, bahwa rasa cemburu itu pertanda cinta. Daripada Anda selalu bersikap bertahan dan diam, lebih baik mencoba untuk memberinya pengertian dan dukungan.

2. Coba interopeksi perilaku Anda. Jika sikap Anda yang memicu kecemburuan dari dia, segera ubah sebisa mungkin sampai masalah teratasi. Pastikan Anda berdua memegang teguh persetujuan yang sudah disepakati. Juga usahakan untuk tidak membuat janji yang tidak dapat Anda jaga, misalnya berjanji untuk selalu dapat dihubungi setiap saat, akan selalu bisa menemani dia dan lain lain.

3. Bangun rasa percaya dirinya. Coba cari kesempatan untuk mengatakan betapa besar rasa cinta Anda terhadap dia. Juga yakinkan, bahwa Anda tidak ingin bersama orang lain selain dia.

Bila kiat di atas untuk menghadapi pasangan Anda yang pencemburu, maka akan berbeda perlakuannya, bila yang cemburu adalah Anda sendiri. Ingin tahu caranya? Simak tips berikut :

1. Beri kesempatan kepada diri Anda untuk melihat kenyataan. Apa yang sebenarnya memicu rasa cemburu Anda. Dan tanyakan pada diri sendiri, apakah cara Anda mengatasinya sudah tepat. Pikirkan juga apakah hubungan Anda dengan pasangan memang sedang memburuk? Apakah perilaku dan sifat Anda memang tidak membuat permasalahan memburuk?

2. Bayangkan tentang hal-hal yang positif. Ketika Anda mulai merasa sedih karena cemburu, ingatlah bahwa dia mencintai Anda. Dia juga punya komitmen untuk tetap menghargai Anda. Dan, coba bangkitkan rasa percaya diri Anda.

3. Apabila rasa cemburu itu masih melanda, maka salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menanyakan kepada dia tentang jaminan atas hubungan Anda berdua. Pastikan bahwa Anda tidak dibohongi atau dikhianati. Sebaiknya, ungkapkan juga rasa tidak nyaman Anda selama berhubungan dengan dia. Misalnya, Anda selalu merasa sedih jika dia marah atau sedang ada masalah.

Semoga hubungan Anda dan dia semakin mesra meskipun rasa cemburu melanda. Selamat mencoba

Tidak ada komentar: